Senin, November 07, 2011

Setting Jaringan antara PC Host dengan Virtual Box



Dengan adanya Virtual Box tentu sangat menguntungkan bagi kita yang ingin belajar jaringan akan tetapi hanya memiliki 1 buah komputer saja. Virtual Box bisa membuat komputer kita menjalankan dua bahkan lebih (Tergantung kekuatan RAM) secara bersamaan di komputer kita. Namun bagaimana jika OS di virtual box tersebut dengan OS kita di komputer tidak dapat terhubung? tentu sangat menyebalkan bukan? Oleh karena itu disini saya akan membahas bagaimana cara menghubungkan antara virtualbox (guest) dengan pc (host).

Pada dasarnya, dalam virtual box tersedia berbagai macam adaptor jaringan. Namun kadang kita kebingungan bagaimana cara menggunakannya. Nah untuk menghubungkan antara Vbox dengan komputer kita dapat menggunakan adapter Host-Only Adapter caranya sebagai berikut:
Pilih OS di virtual box (jika kamu memiliki 2 atau lebih OS di virtual box) lalu klik setting dan pilih Network, kemudian pada adapter 1 centang enable network adapter. Nah, setelah ini pilih adapter yaitu Host-only adapter seperti gambar berikut:

Kemudian untuk adapter 2 pilih internal network, fungsinya untuk menghubungkan antara OS internal dalam virtual box.


Nah setelah selesai setting di virtual box, mari kita setting jaringan di komputer kita.
Pada control panel, pilih network option lalu seting IP pada VirtualBox Host-Only Network sesuaikan dengan class IP di virtual box hanya di bedakan belakangnya saja.
 
 setelah itu silahkan ping dari komputer ke OS virtual box atau sebaliknya.
Previous Post
Next Post